Hi, shobat ! selamat datang di Komunitas Situbondo | KARak'S. - Tentang Kami - Kontak Kami

Perjuangan Anggaran Pro Poor dan Pro Gender (Part 3)

Anggaran Pro Poor
Memahamkan Masyarakat Sadar Anggaran Studi Kasus Program CSIAP II di Kabupaten Situbondo
Mashudi, PO CSIAP II Fitra Jatim

C. Kesimpulan

Inisiatif program yang dijalankan di Kabupaten Situbondo adalah penguatan kapasitas CSO dan MBO terhadap penganggaran daerah. CSO yang menjalankan adalah Fitra Jatim. advokasi Fitra Jatim telah berhasil mengadvokasi ADD, alokasi anggaran untuk Jamkesda dan advokasi untuk akuntabilitas anggaran.

Momen politik pendorong keberhasilan inisiatif program adalah hubungan stakeholder yang terbangun baik, khususnya dengan SKPD, yaitu Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, serta Sekretariat DPRD. Relasi yang terbangun seolah tanpa batas, mengingat kehadiran Fitra Jatim mampu menjadi “partner” bagi SKPD ketika berhadapan dengan DPRD utamanya dalam proses penganggaran. Kemampuan analisis anggaran yang dimiliki Fitra Jatim sangat berpengaruh dalam menumbuhkan mutual trust diantara elemen eksekutif, legislatif dan masyarakat.

Tantangan ke Depan

Ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh CSO Situbondo ke depan, antara lain adalah adanya latar belakang pengalaman kepemimpinan Bupati baru diyakini masih kurang paham dengan kondisi yang diadvokasi oleh kalangan CSO yang ada di Situbondo. Anggaran dari lembaga donor juga akan berakhir masanya padahal beberapa kegiatan yang akan dilakukan CSO masih ada keberlanjutan.

============================================================================
Daftar Isi :
  1. Perjuangan Anggaran Pro Poor dan Pro Gender: Memahamkan Masyarakat Sadar Anggaran Studi Kasus Program CSIAP II di Kabupaten Situbondo (Part 1)
  2. Perjuangan Anggaran Pro Poor dan Pro Gender: Memahamkan Masyarakat Sadar Anggaran Studi Kasus Program CSIAP II di Kabupaten Situbondo (Part 2)
  3. Perjuangan Anggaran Pro Poor dan Pro Gender: Memahamkan Masyarakat Sadar Anggaran Studi Kasus Program CSIAP II di Kabupaten Situbondo (Part 3)
============================================================================
============================================================================
Bookmark this post:
StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

+ komentar + 1 comment

5 Desember 2011 pukul 12.20

Mantap bro...

Terimakasih Fathor atas Komentarnya di Perjuangan Anggaran Pro Poor dan Pro Gender (Part 3)

Posting Komentar